Menggabungkan Teks Dari Dua Sel atau Lebih ke dalam satu sel pada Microsoft Excel
Microsoft excel telah menyediakan fitur dan fungsi yang berlimpah untuk pengolahan data. Baik yang berupa data numeric (angka) maupun data teks.
Jika Anda memiliki lembar kerja besar di buku kerja Excel di mana Anda perlu menggabungkan teks dari beberapa sel, Anda dapat bernapas lega karena Anda tidak perlu mengetik ulang semua teks itu. Anda dapat dengan mudah menggabungkan teks.
Cara menggabungkan kata di excel atau beberapa cell excel bisa dilakukan dengan operator teks Menu home fill justify, ampersand(&), atau menggunakan fungsi Concatenate Excel.
Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Menu home fill justify, ampersand(&), dan concatenate :
1. Menu home fill justify
Langkah-Langkah:
a. Pilih atau blok kumpulan sel yang akan digabungkan. Misal pada cell A1,A2, dan A3.
b. Lalu tab Home, grup Editing, klik Fill dan pilih Justify.
c. Maka huruf yang tadinya terpisah akan bersatu. Jika kalimatnya panjang jangan lupa untuk membesarkan kolom.
2. Ampersand (&) Formula
Langkah-Langkah:
a. Misalkan sel yang akan digabung ada di A2, B2, dan C2.
b. Selanjutnya di sel E2 ketik formula =A2&B2&C2 lalu tekan enter.
c. Maka kata dari beberapa cell tadi akan bergabung dalam satu cell tetapi tanpa spasi.
d. Maka yang harus dilakukan jika ingin menggunakan spasi adalah dengan menggunakan formula =A2&" "&B2&" "&C2 dan diakhiri menekan enter.
Dapat digunakan untuk gelar depan, nama depan, nama tengah, dan nama akhir.
3. Concatenate
Langkah-Langkah:
a. Misalkan sel yang akan digabung ada di A2, B2 dan C2
b. Selanjutnya kita akan menaruhnya di sel D2. Klik sel D2 dan ketik =CONCATENATE(A2;B2;C2) lalu tekan enter.
c. Jika ingin menanmbahkan spasi maka di rumus kita tambahkan =CONCATENATE(A2;" "&B2;" "&C2) lalu tekan enter.
Untuk lebih jelasnya dapat disimak dari vidio di bawah ini.
Komentar
Posting Komentar