PENJELASAN DAN RUMUS VLOOKUP DAN HLOOKUP

VLOOKUP dan HLOOKUP adalah salah satu fungsi pencarian atau referensi, dengan kata lain ketika membutuhkan sebuah data, maka kita bisa memakai VLOOKUP dan HLOOKUP mencari data tersebut dengan menggunakan referensi data yang ada baik yang terletak vertikal maupun horizontal.

1. FUNGSI VLOOKUP

Sebelum mempelajari cara menggunakan vlookup excel, kita perlu tahu apa itu fungsi Vlookup pada microsoft excel.

Fungsi atau Rumus Excel VLOOKUP adalah salah satu fungsi ms. Excel yang digunakan untuk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama pada tabel data tersebut.

Dengan rumus Vlookup pada Microsoft Excel ini kita dapat mengisi data pada sebuah tabel berdasarkan data pada tabel referensi lain dengan menggunakan sebuah nilai kunci yang spesifik.

Salah satu contoh penggunaan fungsi Vlookup adalah untuk Konversi Rentang Nilai Angka ke Huruf Pada Excel

Awalan huruf “V” didepan kata Vlookup merupakan singkatan dari kata Vertical. Istilah vertikal ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah secara vertikal.

Adapun Rumus bakunya sebagai berikut :

=VLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])

Atau bisa dibaca seperti ini:

=VLOOKUP (nilai_kunci, tabel_data, nomor_kolom,tipe_data)

Penjelasan dari fungsi VLOOKUP diatas

Nilai_kunci: adalah nilai yang digunakan untuk membaca tabel referensi. Nilai kunci harus ada pada tabel yang akan disi maupun pada tabel referensi.

Tabel_data: adalah range data yang disusun tegak, berfungsi sebagai tabel bantu/referensi yang akan dibaca. Range data tersebut berisikan data-data yang digunakan untuk mengisi hasil yang diharapkan. Saat anda mengambil tabel_data, pastkan anda tidak menyertakan judul kolomnya.

Nomor_kolom:adalah nomor urut kolom untuk pembacaan tabel referensi, dimulai dari kolom paling kiri. Dimulai dengan index ke satu atau nomor 1 , dan seterusnya.

Tipe data: untuk tipe data ada 2 Jenis, yaitu: True digunakan jika nilai datanya tidak pasti atau berada range tertentu dan tipe data False digunakan jika nilai datanya itu pasti. Tipe data baik true ataupun false bisa di gantikan dengan angka 1 (tipe data true) dan 0 (tipe data false.

2. FUNGSI HLOOKUP

Sebenarnya fungsi HLOOKUP sama dengan fungsi VLOOKUP yang membedakan yakni bentuk tabel dan letak value yang akan dicari. Rumus Excel Hlookup ialah salah satu fungsi ms. Excel yang dipakai untuk mencari data pada baris pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di kolom yang sama pada tabel data tersebut.

Jika value yang kita cari dengan Fungsi VLOOKUP ada pada kolom pertama sebuah tabel atau range dan nilai yang dihasilkan ada pada baris yang sama, maka pencarian dengan HLOOKUP ada pada baris pertama sebuah tabel atau range dan hasil yang dikembalikan ada pada kolom yang sama.

Awalan abjad "H" didepan kata Hlookup ialah abreviasi dari kata Horizontal. Istilah horisontal ini merujuk pada bentuk tabel tumpuan yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian kiri dan field datanya tersusun samping secara horisontal.

Adapun Rumus bakunya sebagai berikut :

=HLOOKUP(lookup_value;table_array; row_index_num,[range_lookup])

atau bisa juga di baca sebgai berikut :

=HLOOKUP (nilai_kunci, tabel_data, nomor_baris, tipe_data)

Keterangan penulisan HLOOKUP, diatas:

Nilai_Kunci : merupakan nilai yang dijadikan dasar untuk membaca tabel acuan pengambilan data. Nilai kunci ini ada dan harus ada, baik pada tabel yang akan diisi maupun pada tabel referensi.

Tabel_Data : adalah tabel yang menjadi acuan dasar dari data yang akan di cari dan akan di ambil hasilnya

Nomor_Baris : adalah nomor posisi data pada tabel referensi yang nantinya akan di ambil seluruh datanya, dari baris paling awal sampai baris paling akhir

Tipe_Data : ada 2 tipe yang bisa digunakan. Tipe data TRUE digunakan, jika nilai datanya tidak jelas/tidak pasti dan tipe data FALSE untuk nilai data yang sudah jelas/ sudah pasti.

Contoh dan cara menggunakan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dapat disimak pada vidio di bawah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Rumus IF Tunggal dan Ganda

Menggabungkan Teks Dari Dua Sel atau Lebih ke dalam satu sel pada Microsoft Excel