Pengertian Rumus IF Tunggal dan Ganda

Rumus IF Excel adalah fungsi Excel untuk membuat sebuah kategori yang sifatnya logical. Pekerjaan-pekerjaan atau sheet yang membutuhkan uji logika selalu menggunakan rumus Excel IF ini.

Apa yang dihasilkan oleh rumus ini adalah nilai atau angka. Nilai yang nominalnya ada sebagai kondisi dari evaluasi terpenuhi. Kondisi terpenuhi dalam Excel biasa disebut sebagai TRUE.

Ada TRUE, ada juga FALSE. FALSE adalah kondisi dalam Excel di mana nilai dalam sebuah uji logika tidak terpenuhi. Kondisi FALSE adalah kondisi sebaliknya dari TRUE.

1. IF Tunggal

IF tunggal digunakan untuk menentukan apakah suatu nilai tersebut memenuhi atau tidak.

misal jika ada sebuah nilai yang sudah di ketahui dan kita ingin nilai itu memenuhi syarat atau kondisi yang sudah kita tentukan, maka kita cukup menggunakan sebuah rumus excel IF untuk mengetahuinya berikut penulisan rumusnya :

=IF(value_test;value_true;value_false)

2. IF Ganda

Rumus IF bertingkat secara umum penggunaannya sama saja dengan IF tunggal. IF bertingkat memanipulasi variabel [value_if_false] sebagai nested IF (percabangan IF).Berikut sistematikanya


PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.


=IF(logical_test1, [value_if_true], logical_test2,[value2_if_true],...,[logical_testN],[valueN_if_true],[valueN_if_false])

Penggunaan dan penerapan rumus IF pada Microsoft Excel dapat disimak pada video di bawah ini.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggabungkan Teks Dari Dua Sel atau Lebih ke dalam satu sel pada Microsoft Excel

PENJELASAN DAN RUMUS VLOOKUP DAN HLOOKUP