Blog : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan dan Jenis-Jenis Blog

Pada era teknologi informasi yang didukung internet ini, kita pasti sering mendengar istilah blog. Atau kita juga mendengar ngeblog atau blogging.

Blog itu sendiri merupakan singkatan dari ‘web log’ yang mana merupakan suatu bentuk aplikasi atau fitur web yang isinya berbagai macam tulisan (postingan blog) pada suatu laman. Di mana tulisan atau postingan tersebut diletakan terbalik dengan postingan terbaru ditempatkan di urutan paling awal, walaupun tak selamanya demikian, karena hal tersebut tergantung pengaturan dari pemilik blog itu sendiri.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang mana merupakan perusahaan yang dimiliki Pyra Labs. Hingga beberapa waktu kemudian, telah diakuisisi oleh pihak Google pada akhir tahun 2002. Semenjak akuisisi tersebut, Blogger.com jadi banyak fitur, aplikasi yang mana bersifat terbuka (open source), di mana fitur tersebut dapat digunakan oleh para penulis blog (blogger).

Kelebihan Blogger

Gratis: Fitur unggulan yang bisa menarik banyak pengguna baru menggunakan Blogger adalah harganya. Setiap pengguna bisa memulai menulis dan membuat situs sendiri tanpa dipungut biaya.

Friendly User Interface: Tampilan antarmuka di Blogger juga sangat ramah untuk digunakan pemula.

Widget: Terdapat beragam Widget untuk mengatur tata letak Blogger.

Mudah ganti tampilan: Untuk pengguna yang ingin mengganti tampilan (tema/template), cara mengganti template blogger cukup mudah untuk dilakukan.

Tidak down: Karena dikelola oleh Google, perawatan dan pemeliharaan server menjadi prioritas utama Google. Dengan begitu, pengguna tidak akan mengalami server down saat menggunakan Blogger.

Mudah melacak: Pengguna bisa dengan mudah memasang tracking untuk mengetahui siapa yang mengunjungi situs kamu.

Mudah pasang iklan: Google memberi kemudahan untuk pengguna yang ingin menghasilkan uang dari Blogger. Saat belum mengganti domain, pengguna bisa menghasilkan uang dari blog menggunakan Google Adsense.

Kekurangan Blogger

Blogger dengan tampilan antarmuka yang sederhana ini cukup terbatas untuk novice dan advance blogger. Kedua jenis blogger tersebut sering komplain akibat keterbatasan fitur high-end dan advance pada situs mereka.

Jenis-jenis blog
1. Blog pribadi
Ini adalah jenis blog yang paling umum. Blog ini pada dasarnya dibuat hanya untuk kesenangan si pemiliknya saja. Isinya pun lebih banyak bercerita tentang berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Bisa berupa curhatan atau pengalaman-pengalaman menarik

2. Blog otoritas
Blog otoritas atau sering juga disebut authority blogs adalah jenis blog yang dibuat sedikit serius. Tujuan utamanya adalah menjadi ahli dari topik yang dibahasnya. Walau konten yang dibuat tidak mementingkan kata kunci atau keyword namun blog ini tetap menyajikan konten berkualitas.

3. Blog niche
Hampir sama dengan blog otoritas, blog niche dibuat dengan serius. Bedanya, jika blog otoritas menganut banyak tema, blog niche hanya mengangkat satu tema besar. Itulah yang kemudian dikembangkan dan dibahas hingga hal-hal terkecil.

4. Blog resmi
Blog ini memang sedikit terbatas pembuatannya. Jenis blog ini hanya dibuat oleh satu perusahaan yang sama sekali tidak ditujukan untuk monetize. Biasanya, blog jenis ini dibuat untuk memberikan informasi tambahan dari produk atau layanan oleh satu perusahaan.

5. Blog citizen
Belakangan ini jenis blog citizen makin banyak dibuat. Jenis ini seperti namanya tidak dibuat oleh satu orang saja. Biasanya dibuat oleh beberapa orang dalam satu kelompok. Yang menulis dan mengelolah blog pun banyak dengan tujuan dan kepentingan yang berbeda-beda.

6. Blog  spam
Blog spam adalah jenis blog yang dibuat asal-asalan dan tidak memperdulikan soal kualitas konten. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah

Jika anda tertarik pada blog dan ingin membuat blog. Anda dapat menyimak tutorial membuat blog pada vidio di bawah ini.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Rumus IF Tunggal dan Ganda

Menggabungkan Teks Dari Dua Sel atau Lebih ke dalam satu sel pada Microsoft Excel

PENJELASAN DAN RUMUS VLOOKUP DAN HLOOKUP